Minggu, 31 Oktober 2010

Corat-coret* XD


Kebiasaan yang kurang bagus ( jelek ) kalau nulis pasti setengah-setengah.Tiba-tiba ada ide langsung pengen nulis , tidak lama kemudian.. BLEPPH.. bleeeng…ga ada ide, tulisan makin ga nyambung, konteksnya ga jelas. Mau dibawa kemana ini ? Kalo udah gitu cuma bisa garuk-garuk dan selanjutnya memutuskan untuk mensave file lalu dilajutkan kapan-kapan.

Kayak gini nih, padahal mah banyak yang mengganjal, banyak cerita, banyak ide, tapi susah mulainya. Di depan Ms.Word cuma ngliatin kertas putih yang kosong. Satu menit belalu, dua menit, tiga, empat, lima, dan setengah jam kemudian kertas masih kosong. Parah. Kalo guru bahasa Indonesia tau bisa kena marah dan ia pasti kecewa, soalnya anak didiknya mikir buat bikin karangan juga leletnya minta ampun.

Kenapa ya ?

Ada yang tau ga kenapa ?

Kok aku lelet amat kalo disuruh ngarang atau bikin tulisan?

Apa pikiran sama tangan aku kurang sinergis menanggapi ide-ide yang bermunculan. Pikiran memvisualisasikan ide , jadi semacam gambaran atau imajinasi, dan tangan harusnya bisa langsung mengubahnya menjadi kata-kata. Nyambung ga sih penjelasan ini ? Tuh kan kayanya ga sinergis…. huh

Kalo diperhatikan, para penulis yang sukses itu sebelumnya pasti sering berlatih menulis. (sok tau -,-“) Lagian menulis itu emang harus terampil, ga seenaknya. Bikin tulisan, karangan, catatan , kotretan atau contekan tetap ada aturannya. Kalau bikin tulisan atau karangan pasti harus ada kerangkanya dulu, biar jelas konteksnya dan ga asal bikin kalimat. Kalau bikin catatan , pernah baca di buku quantum note taker sama quantum writer, itu ada juga beberapa jenis tekniknya. Misalnya bikin mind maping buat rangkuman pelajaran, itu salah satu srategi belajar yang baik juga lho.. Terus kalau buat kotretan pasti harus jelas nulis angka-angkanya dan sebisa mungkin tersusun rapi. Biasanya nulis angka-angka dengan cara yang tidak beraturan akan mudah memakan tempat. Dan masalahnya kontretan yang disediakan itu terbatas. Nah, kalau buat contekan cuma satu syaratnya, asal jangan ketauan guru aja. Ups, yang terakhir serius becanda, jangan diikutin syaratnya, dan jangan bikin contekan lebih tepatnya.

Lho.. !!!!

Ga nyadar. Ternyata udah nulis cukup panjang..haha :D

Mohon maaf kalo tulisan ini gaje alias ga gelas ,soalnya memang lagi latihan nulis dan kebetulan yang ditulis malah keluhan tentang sulitnya menulis itu sendiri..hmm ....

...

Tidak ada komentar: